Severity: Warning
Message: Division by zero
Filename: public/Readmore.php
Line Number: 38
Backtrace:
File: /home/sma1mj08/domains/sma1majene.sch.id/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler
File: /home/sma1mj08/domains/sma1majene.sch.id/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once
ARTIKEL
POTRET MERDEKA BELAJAR MELALUI APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WAG DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI MIPA 1 SMAN 1 MAJENE
MULIADI S
(Guru Fisika SMAN 1 Majene)
Abstrak
Perkembangan grafik masa pandemi covid-19 dari waktu ke waktu semakin meningkat tidak memungkinkan guru melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelas secara langsung, sehingga perlu solusi pembelajaran alternatif salah satunya pembelajaran dengan aplikasi media pembelajaran zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group). Tujuan kegiatan praktik baik ini adalah untuk mendeskripsikan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene. Langkah-langkah kegiatan praktik baik ini meliputi tahap : perencanaan, pelaksanaan dan observasi dengan sasaran peserta didik berjumlah 36 orang. Berdasarkan analisis kualitatif kegiatan praktik baik, diperoleh gambaran bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene selama proses pembelajaran melalui aplikasi zoom berbantuan WAG di tengah pandemi covid-19 berada dalam kecenderungan positif dengan persentase yang menyatakan setuju 69,00%. Dari data ini dapat dikatakan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG merupakan salah satu solusi metode pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.
Kata Kunci: Merdeka Belajar, zoom Berbantuan WAG, Masa Pandemi Covid-19
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah Seiring berjalannya waktu dengan adanya pandemi covid-19 sekitar akhir maret sampai sekarang, kondisi ini telah berubah wajah pendidikan di Indonesia. Pandemi covid19 mengubah segalanya. Dulu anak-anak tenang saja belajar di sekolah. Kini, demi mengurangi kerumunan yang rentan penularan virus korona baru, pembelajaran di kelas diganti dengan belajar di rumah. Namun pelaksanaannya tak semudah apa yang kita bayangkan. Pembelajaran IPA misalnya fisika yang sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah menjadi sebuah tantangan yang ditemukan dilapangan. Tentu saja yang paling utama adalah sarana pembelajaran jarak jauh, dalam hal ini daring (dalam jaringan) alias internet. Oleh karena itu pembelajaran IPA dalam membangun proses komunikasi untuk menciptakan efektivitas proses pembelajaran salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran termasuk aplikasi yang bisa di download melalui play store atau melalui laptop.
Berdasarkan masalah tersebut sebagai penulis perlu pembenahan proses pembelajaran dalam masa pandemi covid-19 melalui tindakan model yang tepat digunakan guru dalam menyampaikan materi IPA fisika secara daring (dalam jaringan) serta guru harus lebih melakukan variasi dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik, sehingga siswa termotivasi dan dapat terlibat dalam proses pembelajaran aktif. Hal ini sejalan dengan pendapat Budiningsih dalam Agus N.Cahyo (2012) mengatakan bahwa proses belajar akan berjalan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman.. Ini juga diperkuat oleh penjelasan menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim bahwa "Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir. Dan terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru dulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di murid," "Paradigma merdeka belajar adalah untuk menghormati perubahan yang harus terjadi agar pembelajaran itu mulai terjadi diberbagai macam sekolah." ( dikutip dari Tempo.CO.Jakarta).
Hal ini juga seiring kebijakan pemerintah waktu itu untuk saatnya kerja, belajar, ibadah di rumah. Tanpa terlepas dari sarana media komunikasi yang dimiliki siswa SMAN 1 Majene termasuk kelas XI MIPA 1 cukup memadai dan sarana laptop hampir semua siswa memiliki maka penulis berinisiatif untuk memanfaatkan aplikasi zoom berbantuan Whatsapp Group (WAG) dalam proses pembelajaran fisika. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas maka penulis membuat judul laporan praktik baik ini yaitu “Potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.”
B. Tujuan Kegiatan Praktik Baik
Kegiatan yang dilaporkan sebagai praktik baik adalah pengalaman penulis dalam melaksanakan praktik pembelajaran daring bertujuan untuk mendeskripsikan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.
C. Manfaat Kegiatan Praktik Baik
Manfaat dari kegiatan praktik baik ini adalah:
II. PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIK BAIK
A. Sasaran Pelaksanaan Praktik Baik
Subjek atau sasaran pelaksanaan adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Majene Sulawesi Barat semester genap tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan.
B. Bahan/Materi Kegiatan Praktik Baik
Materi yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran ini adalah buku ajar tentang materi pemanasan global kelas XI semester genap dengan Kompetensi Dasar (KD) meliputi :
C. Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan Praktik Baik
Pelaksanaan kegiatan dilakukan 3 (tiga) kali pertemuan atau 6 jam pelajaran dengan alokasi waktu 6 x 45 menit (selama 3 minggu) secara daring melalui aplikasi zoom dan pengiriman tugas-tugas mandiri melalui WhatsApp Group(WAG) kelas, meliputi :
a. Tahap Perencanaan
b. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Tahap pelaksanaan meliputi :
c. Tahap Observasi
Tahap observasi ini dilaksanakan pada saat pemberian tindakan berlangsung, yaitu :
D. Aplikasi Media Pembelajaran dan Instrumen
E. Waktu dan Tempat Kegiatan Praktik Baik
Praktik baik ini dilaksanakan setiap hari rabu yaitu minggu kedua s.d minggu keempat april 2020 bertempat di rumah guru dan rumah masing-masing siswa. Sebagai tambahan pembelajaran masa pandemi covid-19 siswa juga diarahkan mengikuti peringatan hari pendidikan nasional dan selanjutnya meminta kepada siswa untuk mengirimkan tulisan berupa rangkuman melalui email setelah menyaksikan program peringatan Hardiknas 2020 “Belajar dari covid-19 di TVRI pada hari sabtu 2 mei 2020 pukul 19.00 s.d 20.30 WIB sebagai bagian dari merdeka belajar masa pandemi covid-19.
Foto 1. Dokumen Penulis saat Melaksanakan Pembelajaran melalui Aplikasi zoom berbantuan WAG.
III. HASIL KEGIATAN PRAKTIK BAIK
A. Hasil yang Diperoleh
Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut.
Tabel 1.Persentase Hasil Pengisian Kuesioner Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene Tahun Pelajaran 2019-2020
Keterangan : 1 = tidak setuju, 2= kurang setuju, 3 = cukup setuju, 4= setuju
Tabel 2. Model Diagram Lingkaran yang di Peroleh dari Hasil google form tentang Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene Tahun Pelajaran 2019-2020
Keterangan : 1. Biru = tidak setuju, 2. Coklat = kurang setuju, 3. oranye = cukup setuju, 4. Hijau= setuju
Berdasarkan tabel 1 (satu) dan tabel 2 (dua) di atas memberikan gambaran bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene selama proses pembelajaran melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 berada dalam kecenderungan positif dengan persentase yang menyatakan setuju 69,0 % yang ditampilkan dalam diagram lingkaran warna hijau.
B. Masalah yang Dihadapi
C. Cara Mengatasi Masalah
Adapun cara mengatasi masalah yang muncul selama pembelajaran fisika masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene sebagai berikut :
IV. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan tujuan dan hasil pelaksanaan yang telah kemukakan dapat ditarik kesimpulan bahwa praktik baik pembelajaran daring yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19 melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene tahun pelajaran 2019-2020 berjalan cukup lancar sebagai salah satu metode alternatif pembelajaran pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung di kelas sekaligus salah satu gambaran potret merdeka belajar dalam melakukan inovasi dan kreativitas metode pembelajaran yang dirancang penulis.
B. Saran
Berdasarkan hasil praktik baik yang telah dilaksanakan penulis, berikut ini disampaikan saran yang sifatnya rekomendasi.
DAFTAR PUSTAKA
Cahyo N, Agus. (2012). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar.
Yogyakarta: Diva Press.
Majalah Dunia Pendidikan. (2020). Ketika Kelas Pindah Ke Rumah (edisi April 2020).
Makassar: Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat.
Tempo.CO.Jakarta (2019) Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir.
Diunduh 11 mei 2020 dari
https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/nadiem-makarimmerdeka-belajar-adalah
kemerdekaan-berpikir.
Copyright © 2017 - 2025 SMAN 1 MAJENE | Sulawesi Barat All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id