SMAN 1 MAJENE | Sulawesi Barat

JL. M. Djud P No. 2, Labuang, Banggae Timur

Cerdaskan Anak Bangsa

SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR DAN GURU PEMBATIK DI SMAN 1 MAJENE

Jum'at, 09 Oktober 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 80 Kali

Pada hari Jumat 9 Oktober 2020, SMA Negeri 1 Majene kedatangan tamu dari sahabat Rumah Belajar dalam rangka sosialisasi dan inovasi pembelajaran dengan portal rumah belajar. Pemateri pada sosialisasi ini adalah Abdul Mujid, S.Pd.,M.Pd dan Karmila, S.Pd,.M.Pd selaku Sahabat Rumah Belajar (SRB) serta didampingi oleh Ilham, S.Pd.,M.Pd. Ketiganya merupakan guru yang telah berprestasi hingga tingkat nasional.

Rumah Belajar merupakan salah satu portal atau aplikasi pembelajaran daring yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar guru dengan peserta didik atau antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Bahkan dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat secara umum. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Apalagi di masa pandemi Covid-19, Rumah Belajar sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran kapan saja, dimana saja, dan dengan siapa saja sesuai prinsip merdeka belajar.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh kepala sekolah SMAN 1 Majene, bapak Muliadi, S.Pd.,M.Pd yang dalam sambutannya memberikan motivasi bagi para guru khususnya guru yang masih muda dan guru yang berstatus guru tidak tetap (GTT) agar dapat aktif dalam berinovasi dan berprestasi hingga tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru, peserta didik, dan seluruh mahasiswa KKN-PPL UNM. Karmila, S.Pd.,M.Pd memberikan materi mengenai pengenalan portal Rumah Belajar hingga mengenai model-model pembelajaran inovatif. Sebelum memulai materi beliau memberikan kuis dan salah satu peserta didik yang berhasil menjawabnya mendapatkan hadiah suvenir.

Pemateri selanjutnya adalah Abdul Mujid, S.Pd.,M.Pd yang membawa materi tentang PembaTIK. PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru dengan standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi. Pemateri membagikan tips dan pengalamannya agar dapat menjadi seorang guru pembaTIK, yaitu guru harus mampu mengikuti perkembangan IT atau hal yang lagi tren di bidang IT lalu mempelajarinya mencoba dan mengaplikasikannya dalam menjalankan profesi sebagai guru sehingga meningkatkan kompetensi guru.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MULIADI S, S.Pd., M.Pd

Alhamdulillah, kami sangat gembira dengan peluncuran website ini sebab akan menjadi jendela penghubung kita semua dalam menyalurkan informasi pendidikan yang…

Selengkapnya

TAUTAN