SMAN 1 MAJENE | Sulawesi Barat

JL. M. Djud P No. 2, Labuang, Banggae Timur

Cerdaskan Anak Bangsa

Hadapi Pandemi, SMA 1 Upgrade Kapasitas Guru

Rabu, 29 Juli 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 31 Kali

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetiba menjadi trending topic pembicaraan disemua media, baik media cetak, televisi maupun radio. Betapa tidak situasi pandemic yang dihadapi oleh bangsa ini mengharuskan ruang-ruang kelas konvensional ditutup untuk waktu yang belum dipastikan sampai kapan dan harus digantikan oleh kelas-kelas diruang maya.

Antisipasi tuntutan waktu tersebut, SMA Negeri 1 Majene menggelar pelatihan bagi para tenaga pendidiknya, pada senin 27 Juli 2020 Berbagai materi kekenian yang diharapkan bisa mendongkrak kemampuan guru secara cepat disajikan dalam pelatihan yang berdurasi 30 jam pelajaran tersebut.

Muliadi S.S.Pd., M.Pd., Kepala SMA 1 Majene berharap dengan adanya Workshop ini dapat bermanfaat ganda untuk mengajukan kenaikan pangkat guru-guru baik dari pengembangan diri maupun kategori  pengembangan profesi khususnya pembuatan karya inovatif serta upaya sekolah yang memungkinkan para guru untuk belajar melakukan sesi pembelajaran interaktif secara online selama pandemi Covid-19.

Pemateri pun didatangkan dari berbagai tempat dan dari berbagai pihak serta beragam kompetensi.

Tercatat ada sejumlah nama menjadi pemateri dan pelatih selama 3 hari ini antara lain, Burhanuddin Bohari.,S.Pd.,M.Pd., Kabid Pengembangan SMA Dinas Pendidikan Sulawesi Barat yang menyampaikan materi  Kebijakan Umum tentang PJJ dari rumah; Rusdi Arsyad.,S.Pd.,M.Pd., Pengawas SMA dengan materi Pengembangan Proferi Guru; Abdul Gafur. S.Pd.,M.Si., dari IGI Sulawesi Barat juga hadir mengajarkan cara praktis membuat video pembelajaran.

Panjangnya durasi tanya jawab seakan menjadi gambaran antusias dan semangat ditunjukkan oleh peserta workshop, terutama pada sesi praktikum pembuatan video pembelajaran.

Almah Arif misalnya, Guru mata pelajaran Ekonomi ini mengaku sangat terbantu dengan adanya Workshop ini, “terimakasih kepada Kepala Sekolah serta pemateri, saya jadi tahu ternyata membuat video pembelajaran itu tidak serumit yang dibayangkan sebelumnya” tuturnya dengan senyum.

Workshop yang berlangsung 3 hari ini ditutup oleh kepala SMANegeri 1 Majene, Drs Muliadi, M.Pd.

Guru  yang sebelumnya mengajar Ilmu Fisika ini meminta kepada para peserta workshop untuk dapat memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh dengan segera mengimplemetasikan dalam pembelajaran, “mohon agar ilmu yang diperoleh di workshop ini segera dipakai dalam pembelajaran online, karena apapun kondisinya anak-anak tetap membutuhkan kehadiran kita sebagai guru, apapun bentuknya walaupun itu secara online” tutupnya.

 

nn

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MULIADI S, S.Pd., M.Pd

Alhamdulillah, kami sangat gembira dengan peluncuran website ini sebab akan menjadi jendela penghubung kita semua dalam menyalurkan informasi pendidikan yang…

Selengkapnya

TAUTAN