SMAN 1 MAJENE | Sulawesi Barat

JL. M. Djud P No. 2, Labuang, Banggae Timur

Cerdaskan Anak Bangsa

POTRET MERDEKA BELAJAR MELALUI APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WAG DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI MIPA 1 SMAN 1 MAJENE

Jum'at, 05 Juni 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 188 Kali

ARTIKEL

POTRET MERDEKA BELAJAR MELALUI APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WAG DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI MIPA 1 SMAN 1 MAJENE

MULIADI S

(Guru Fisika SMAN 1 Majene)

 

Abstrak

Perkembangan grafik masa pandemi covid-19 dari waktu ke waktu semakin meningkat tidak memungkinkan guru melaksanakan pembelajaran tatap muka di kelas secara langsung, sehingga perlu solusi pembelajaran alternatif salah satunya pembelajaran dengan aplikasi media pembelajaran zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group). Tujuan kegiatan praktik baik ini adalah untuk mendeskripsikan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene. Langkah-langkah kegiatan praktik baik ini meliputi tahap : perencanaan, pelaksanaan dan observasi dengan sasaran peserta didik berjumlah 36 orang. Berdasarkan analisis kualitatif kegiatan praktik baik, diperoleh gambaran bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene selama proses pembelajaran melalui aplikasi zoom berbantuan WAG di tengah pandemi covid-19 berada dalam kecenderungan positif dengan persentase yang menyatakan setuju 69,00%. Dari data ini dapat dikatakan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG merupakan salah satu solusi metode pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.

Kata Kunci: Merdeka Belajar, zoom Berbantuan WAG, Masa Pandemi Covid-19

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Masalah Seiring berjalannya waktu dengan adanya pandemi covid-19 sekitar akhir maret sampai sekarang, kondisi ini telah berubah wajah pendidikan di Indonesia. Pandemi covid19 mengubah segalanya. Dulu anak-anak tenang saja belajar di sekolah. Kini, demi mengurangi kerumunan yang rentan penularan virus korona baru, pembelajaran di kelas diganti dengan belajar di rumah. Namun pelaksanaannya tak semudah apa yang kita bayangkan. Pembelajaran IPA misalnya fisika yang sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah menjadi sebuah tantangan yang ditemukan dilapangan. Tentu saja yang paling utama adalah sarana pembelajaran jarak jauh, dalam hal ini daring (dalam jaringan) alias internet. Oleh karena itu pembelajaran IPA dalam membangun proses komunikasi untuk menciptakan efektivitas proses pembelajaran salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran termasuk aplikasi yang bisa di download melalui play store atau melalui laptop. 

Berdasarkan masalah tersebut sebagai penulis perlu pembenahan proses pembelajaran dalam masa pandemi covid-19 melalui tindakan model yang tepat digunakan guru dalam menyampaikan materi IPA fisika secara daring (dalam jaringan) serta guru harus lebih melakukan variasi dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik, sehingga siswa termotivasi dan dapat terlibat dalam proses pembelajaran aktif. Hal ini sejalan dengan pendapat Budiningsih dalam Agus N.Cahyo (2012) mengatakan bahwa proses belajar akan berjalan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman.. Ini juga diperkuat oleh penjelasan menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim bahwa "Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir. Dan terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru dulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di murid," "Paradigma merdeka belajar adalah untuk menghormati perubahan yang harus terjadi agar pembelajaran itu mulai terjadi diberbagai macam sekolah." ( dikutip dari Tempo.CO.Jakarta).

Hal ini juga seiring kebijakan pemerintah waktu itu untuk saatnya kerja, belajar, ibadah di rumah. Tanpa terlepas dari sarana media komunikasi yang dimiliki siswa SMAN 1 Majene termasuk kelas XI MIPA 1 cukup memadai dan sarana laptop hampir semua siswa memiliki maka penulis berinisiatif untuk memanfaatkan aplikasi zoom berbantuan Whatsapp Group (WAG) dalam proses pembelajaran fisika. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan di atas maka penulis membuat judul laporan praktik baik ini yaitu “Potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.”

B. Tujuan Kegiatan Praktik Baik

Kegiatan yang dilaporkan sebagai praktik baik adalah pengalaman penulis dalam melaksanakan praktik pembelajaran daring bertujuan untuk mendeskripsikan potret merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene.

C. Manfaat Kegiatan Praktik Baik

Manfaat dari kegiatan praktik baik ini adalah:

  1. Bagi siswa, melalui pembelajaran aplikasi zoom berbantuan WAG dapat menambah motivasi, keaktifan, serta pengetahuan pemanfaatan teknologi siswa dalam belajar sebagai pengganti pembelajaran tatap muka di kelas di masa pandemi covid-19.
  2. Bagi guru, dapat menambah pengetahuan dalam mendesain metode mengajar untuk membentuk karakter merdeka belajar sebagai pengganti pembelajaran tatap muka di kelas di masa pandemi covid-19.
  3. Bagi sekolah, sebagai umpan balik untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran di masa pandemi covid-19 maupun potret merdeka belajar pasca pandemi covid-19 secara umum melalui pembelajaran aplikasi zoom berbantuan WAG.

II. PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIK BAIK

A. Sasaran Pelaksanaan Praktik Baik

Subjek atau sasaran pelaksanaan adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Majene Sulawesi Barat semester genap tahun pelajaran 2019-2020 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan.

B. Bahan/Materi Kegiatan Praktik Baik

Materi yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran ini adalah buku ajar tentang materi pemanasan global kelas XI semester genap dengan Kompetensi Dasar (KD) meliputi :

  1. Kompetensi Pengetahuan
    3.12 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
  2. Kompetensi Keterampilan
    4.12.Mengajukan ide/gagasan penyelesaian masalah pemanasan global sehubungan dengan gejala dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan

C. Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan Praktik Baik

Pelaksanaan kegiatan dilakukan 3 (tiga) kali pertemuan atau 6 jam pelajaran dengan alokasi waktu 6 x 45 menit (selama 3 minggu) secara daring melalui aplikasi zoom dan pengiriman tugas-tugas mandiri melalui WhatsApp Group(WAG) kelas, meliputi :

a. Tahap Perencanaan

  1. Menyampaikan jadwal simulasi dan pembelajaran kepada siswa melalui WhatsApp Group (WAG) kelas.
  2. Menyampaikan informasi kepada siswa tentang materi yang akan dibahas melalui WhatsApp Group (WAG) kelas.
  3. Menyampaikan kepada siswa untuk mendownload aplikasi zoom di android atau lap top melalui informasi di WhatsApp Group (WAG) kelas.
  4. Guru sebagai penulis membuat rencana persiapan pembelajaran untuk tiga kali pertemuan dan tugas mandiri siswa termasuk daftar nilai keaktifan.
  5. Menyiapkan bahan tayang berupa penguatan materi ajar.
  6. Menyediakan lembar instrumen berupa kuesioner angket evaluasi pembelajaran melalui google form.

b. Tahap Pelaksanaan Kegiatan

Tahap pelaksanaan meliputi :

  1. Menyajikan materi sesuai kompetensi dasar untuk memecahkan masalah yang mengarah pada pemecahan masalah secara aktif melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group).
  2. Selama proses pembelajaran berlangsung, guru memberikan bimbingan dan umpan balik pada siswa melalui kegiatan eksplorasi tanpa mengacu kepada RPP secara formal sebagai sebuah potret merdeka belajar.

c. Tahap Observasi

Tahap observasi ini dilaksanakan pada saat pemberian tindakan berlangsung, yaitu :

  1. Observasi yang dilakukan guru berdasarkan keaktifan siswa selama melakukan diskusi berlangsung. Semua kejadian dicatat oleh guru sebagai penulis dengan format observasi yang telah disusun.
  2. Hal-hal yang menjadi perhatian guru sebagai penulis dalam tahap ini adalah keaktifan siswa selama proses belajar berlangsung antara lain siswa yang hadir pada saat pembelajaran, siswa yang memberikan jawaban sementara ketika diberikan masalah di awal pembelajaran, siswa yang memperhatikan materi yang diajarkan guru. 
  3. Guru sebagai penulis memberikan penguatan materi di akhir pertemuan.
  4. Guru memberikan tugas mandiri yang dikirim melalui WhatsApp Group (WAG) selanjutnya siswa mengirimkan jawaban masing-masing melalui email guru untuk memperoleh umpan balik.

D. Aplikasi Media Pembelajaran dan Instrumen

  1. Aplikasi media pembelajaran yang digunakan adalah aplikasi zoom dengan mengirimkan link melalui WhatsApp Group (WAG) kelas.
  2. Instrumen yang digunakan dalam praktik baik ini ada 3 (tiga) jenis yaitu (a) Instrumen untuk mengamati proses pembelajaran (b) instrumen tes kemampuan kognitif berupa soal-soal sederhana untuk didiskusikan selama pembelajaran berlangsung (c) Instrumen kuesioner tentang evaluasi pembelajaran selama masa pandemi covid-19.

E. Waktu dan Tempat Kegiatan Praktik Baik

Praktik baik ini dilaksanakan setiap hari rabu yaitu minggu kedua s.d minggu keempat april 2020 bertempat di rumah guru dan rumah masing-masing siswa. Sebagai tambahan pembelajaran masa pandemi covid-19 siswa juga diarahkan mengikuti peringatan hari pendidikan nasional dan selanjutnya meminta kepada siswa untuk mengirimkan tulisan berupa rangkuman melalui email setelah menyaksikan program peringatan Hardiknas 2020 “Belajar dari covid-19 di TVRI pada hari sabtu 2 mei 2020 pukul 19.00 s.d 20.30 WIB sebagai bagian dari merdeka belajar masa pandemi covid-19.

 Foto 1. Dokumen Penulis saat Melaksanakan  Pembelajaran melalui          Aplikasi  zoom berbantuan WAG.

Foto 1. Dokumen Penulis saat Melaksanakan Pembelajaran melalui Aplikasi zoom berbantuan WAG.

III. HASIL KEGIATAN PRAKTIK BAIK

A. Hasil yang Diperoleh

Hasil yang dapat dilaporkan dari praktik baik ini diuraikan sebagai berikut.

  1. Potret proses pembelajaran melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 di Kelas XI MIPA 1 telah menunjukkan siswa
    menjadi lebih aktif merespon pertanyaan dari guru, termasuk mengajukan pertanyaan pada guru maupun sesama teman siswa.
  2. Potret proses merdeka belajar melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di tengah pandemi covid-19 di Kelas XI MIPA SMAN 1 Majene berdasarkan hasil pengisian instrumen kuesioner evaluasi selama pembelajaran masa pandemi covid-19 melalui link google form yang dibuat penulis dapat disajikan pada tabel sebagai berikut.

Tabel 1.Persentase Hasil Pengisian Kuesioner Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene Tahun Pelajaran 2019-2020

Keterangan : 1 = tidak setuju, 2= kurang setuju, 3 = cukup setuju, 4= setuju

Tabel 2. Model Diagram Lingkaran yang di Peroleh dari Hasil google form tentang Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene Tahun Pelajaran 2019-2020

Keterangan : 1. Biru = tidak setuju, 2. Coklat = kurang setuju, 3. oranye = cukup setuju, 4. Hijau= setuju

Berdasarkan tabel 1 (satu) dan tabel 2 (dua) di atas memberikan gambaran bahwa motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene selama proses pembelajaran melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) di masa pandemi covid-19 berada dalam kecenderungan positif dengan persentase yang menyatakan setuju 69,0 % yang ditampilkan dalam diagram lingkaran warna hijau.

B. Masalah yang Dihadapi

  1. Pada pertemuan perdana terdapat 6 (enam) siswa yang tidak dapat berpartisipasi aktif secara daring karena kendala tidak memahami cara penggunaan aplikasi zoom.
  2. Terdapat beberapa siswa yang tidak sempat mengikuti penguatan materi dalam bentuk diskusi secara maksimal karena jaringan internet mereka kurang baik dan tidak memiliki kuota internet.

C. Cara Mengatasi Masalah

Adapun cara mengatasi masalah yang muncul selama pembelajaran fisika masa pandemi covid-19 pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene sebagai berikut :

  1. Guru mensimulasikan ulang cara penggunaan aplikasi zoom berbantuan WAG.
  2. Guru sebagai penulis mengirimkan ulang point-point penguatan materi yang telah dijelaskan secara zoom melalui WAG kelas.
  3. Guru sebagai penulis memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak sempat memberikan jawaban pada saat diskusi untuk mengirimkan jawabannya melalui via email guru dalam waktu yang tidak mendesak.

IV. KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan tujuan dan hasil pelaksanaan yang telah kemukakan dapat ditarik kesimpulan bahwa praktik baik pembelajaran daring yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19 melalui aplikasi zoom berbantuan WAG (WhatsApp Group) pada kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Majene tahun pelajaran 2019-2020 berjalan cukup lancar sebagai salah satu metode alternatif pembelajaran pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung di kelas sekaligus salah satu gambaran potret merdeka belajar dalam melakukan inovasi dan kreativitas metode pembelajaran yang dirancang penulis.

B. Saran

Berdasarkan hasil praktik baik yang telah dilaksanakan penulis, berikut ini disampaikan saran yang sifatnya rekomendasi.

  1. Guru sebagai penulis jika ingin melakukan kegiatan yang serupa berikutnya harus melakukan inovasi pembelajaran bahan tayang yang sifatnya kontekstual misalnya melalui youtube atau video pembelajaran, hal ini akan membuat pembelajaran fisika lebih asyik dan menyenangkan.
  2. Kepala sekolah dapat memotivasi guru lain untuk dapat melaksanakan model pembelajaran yang serupa sehingga pembelajaran daring di masa pandemi maupun pasca pandemi covid -19 dapat merata dan menyeluruh.
  3. Sekolah dapat memfasilitasi siswa dalam menyiapkan dana kuota internet melalui penganggaran dana BOS.

DAFTAR PUSTAKA

Cahyo N, Agus. (2012). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar.
             Yogyakarta: Diva Press.

Majalah Dunia Pendidikan. (2020). Ketika Kelas Pindah Ke Rumah (edisi April 2020).
             Makassar: Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat.

Tempo.CO.Jakarta (2019) Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir.
             Diunduh 11 mei 2020 dari
             https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/nadiem-makarimmerdeka-belajar-adalah 
             kemerdekaan-berpikir.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

MULIADI S, S.Pd., M.Pd

Alhamdulillah, kami sangat gembira dengan peluncuran website ini sebab akan menjadi jendela penghubung kita semua dalam menyalurkan informasi pendidikan yang…

Selengkapnya

TAUTAN