SMAN 1 Majene | SULBAR

JL. M. Djud P No. 2, Labuang, Banggae Timur

Cerdaskan Anak Bangsa

IHT PENYUSUNAN DOKUMEN KTSP 2013 SMAN 1 MAJENE

Jum'at, 06 Juli 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 93 Kali

SMAN 1 Majene telah melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) Penyusunan Dokumen KTSP 2013. Pelaksanaan IHT yang diketuai oleh Sumardi S.Pd., M.Pd berlangsung selama 3 hari dari tanggal 3 s.d 5 Juli 2018. Pesert IHT ini adalah seluruh guru SMAN 1 Majene. Kegiatan ini bertujuan agar guru mengetahui penyegaran pada kurikulum K13 dan dapat menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan revisi terbaru.

            Pembukaan IHT diikuti oleh para guru dan staf tata usaha SMAN 1 Majene. IHT ini dibuka secara resmi oleh Drs. Nursyamsu, M.Pd selaku pengawas sekolah yang juga membawakan materi pertama mengenai “Penyusunan Kurikulum SMAN 1 Majene”. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan adalah pentingnya bagi setiap guru untuk melengkapi perangkat pembelajarannya dan memliki dokumen yang siap kapan saja ketika diminta oleh pengawas.

            Selanjutnya materi kedua dibawakan oleh bapak kepala SMAN 1 Majene, Drs, Hamzah, M.Pd mengenai kebijakan atau program kerja SMAN 1 Majene dalam menyambut tahun ajaran 2018-2019, yaitu program pertemuan wali kelas dengan para orangtua/wali peserta didik, terkhusus untuk kelas X. Beliau mengatakan bahwa pentingnya wali kelas dan orangtua/wali melakukan pertemuan agar kontrol terhadap perkembangan peserta didik menjadi lebih mudah. Orangtua dapat mengetahui lebih banyak mengenai kondisi sekolah tempat anaknya menuntut ilmu begitupula dengan wali kelas dapat mengetahui kondisi peserta didiknya berdasarkan informasi dari orangtuanya.

            Setelah ishoma, IHT dilanjutkan oleh pemateri ketiga, Suriyati, S.Pd,. M.Pd mengenai “Penyusunan RPP (Penyegaran K13)”. Ada beberapa perubahan pada model silabus dan RPP, yaitu pada silabus ada tambahan kolom penilaian sedangkan pada RPP ada perubahan urutan dan pembaharuan isi. Guru perlu memperhatikan aspek 4C (collaboration, communication, critical thinking, creativity), literasi, nilai karakter, dan HOTS (high order thinking skill) untuk dicantumkan pada RPP yang disusun. Selain itu, guru perlu memperhatikan kelengkapan lampiran-lampiran pada RPP, khususnya lampiran materi pembelajaran.

            Materi terakhir mengenai Penyusunan RPP & Penilaian (Penyegaran K13) dibawakan oleh Kasman S.Pd., M.Pd. Ada tiga jenis penilaian yang perlu diperhatikan, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Setiap penilaian perlu dilengkapi lampirannya, seperti rubrik penilaian, kisi-kisi, kriteria penilaian, dan lain-lain.

            Pada dua hari berikutnya, kegiatan IHT dilanjutkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran oleh setiap guru didampingi tim instruktur SMAN 1 Majene. Peserta IHT antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan IHT ini

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

HAMZAH

Alhamdulillah, kami sangat gembira dengan peluncuran website ini sebab akan menjadi jendela penghubung kita semua dalam menyalurkan informasi pendidikan yang…

Selengkapnya

TAUTAN